SOAL CCNA : MEMAHAMI VLAN TRUNKING PROTOKOL

PEMBAHASAN
Pada soal intervlan routing pernah saya bahas mengenai VTP ( Vlan Trunking Protocol ), nah pada case ini kita akan lebih mendalami apa itu VTP. VTP adalah suatu protocl untuk mengenalkan suatu atau sekelompok VLAN yang telah ada agar dapat berkomunikasi dengan jaringan. Atau lebih mudahnya suatu metode dalam hubungan jaringan LAN dengan ethernet untuk menyambungkan konumikasi dengan menggunakan informasi VLAN, khususnya ke VLAN, Vlan Trunking Protocol merupakan fitur layer 2 yang terdapat pada jajaran switch Cisco Catalyts yang sangat berguna terutama dalam lingkungan swicth skala besar yang meliputi beberapa Virtual Local Area Network ( VLAN ).

Kembali ke pertanyaan diatas, dari pertanyaan tsb diketahui bahwa seandainya kita seorang administrator jaringan, dan akan menerangkan konfigurasi pada seorang teknisi baru mengenai VTP apa saja yang dapat kita jelaskan sesuai dengan kebenarannya dari statement dibawah itu.

VTP bekerja dalam 3 mode, Yaitu mode server, transparent dan client.
1. Server, dalam VTP mode ini kita dapat menambahkan, mengedit, dan meremove vlan, Kita juga dapat melakukan konfigurasi VTP laiinya seperti VTP version, dan on/off dari VTP domain. VTP version dan domain digunakan agar antara VTP mode server dan client bisa saling berkomunikasi.
VTP server adalah default mode pada sebuah switch cisco catalyst.
2. Transparent, pada mode ini gampangnya swith ini berdiri sendiri tidak terpengaruh dari server atau client. Dia hanya melewatkan informasi saja dari server ke client tapi tidak mengubah database vlan pada dirinya sendiri.
3. Client, pada mode ini dia hanya passive, menerima informasi dan konfigurasi dari sisi server.

Kita bahas satu persatu dari jawaban di atas
A. In the VTP client mode, a switch is unable to update its local vlan database. Statement ini benar, pada mode client swith tidak dapat mengupdate local vlan database dari device nya sendiri karena dia passive hanya bisa menerima informasi dari server.
B. Configure a trunk link between the switches to forward VTP updates. Statement ini benar, untuk dapat mengakomodir kebutuhan pertukaran vlan maka antar switch harus di konfigure sebagai trunk karena untuk melewatkan beberapa vlan, Beda dengan mode akses yang hanya melewatkan satu vlan informasi.
C. In the VTP server mode, a switch is able to update a switch in the VTP transparent mode. Statement ini salah, pada mode transparent dia hanya melewatkan informasi vlan dari server ke client atau dia berdiri sendiri sebagai local device sehingga apapun yang dilewatkan oleh mode server tidak mempengaruhi vlan database dan vlan informasi pada mode transparent
D. In the transparent mode, a switch will forward the received update the other switches. Statement ini benar, pada mode transparent dia hanya melewatkan apa yang dia terima.
E. A swith in the VTP server mode, only updates switches in the VTP client mode that have a higher VTP revision number. Statement ini salah, karena terbalik VTP client harusnya mempunyai VTP revision number yang lebih kecil.
F.  A swicth in the VTP server mode, will update switchs in the VTP client mode regardless of the configured VTP domain membership. Statement ini salah, VTP server dan client harus mempunyai domain yang sama dengan server mempunyai revision yang lebih tinggi.

Jadi jawabannya A, B, D

Salam Sukses.
Long Journey To Be Success

Bagi yang berminat soal soal CCNA dan CCNP
Silahkan kontak
Amin Setiawan
Whatsapp : 085732183040

0 Response to "SOAL CCNA : MEMAHAMI VLAN TRUNKING PROTOKOL"

Post a Comment